Senin, 27 Februari 2017

“Discussion Comunity (DISCO)”

Di era globalisasi sekarang ini semakin menuntut manusia untuk lebih mampu bersaing dari kompetitornya, karena itu dibutuhkan suatu pemanfaatan sumber daya manusia yang semakin kreatif dan berdaya guna. Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Dalam memperbaiki kualitas pendidikan dapat ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan yang  memungkinkan kita berpikir lebih kritis, kreatif, dan lebih produktif. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri untuk dapat menuangkan pemikiran dan ide kreatif yang dimiliki oleh generasi muda. Namun hal itu masih sulit  untuk dilakukan karena rendahnya kesadaran dan  kemauan untuk menuangkan aspirasi yang dimiliki olehmahasiswa.



Berdasarkan hal tersebut, maka Pengurus HIMASI F-ITB UTY periode 2016/2017 merancang sebuah kegiatan bertajuk “Discussion Comunity (DISCO)” sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengukur kemampuan yang ditujukan untuk mahasiswa F-ITB UTYdalam komunitas Pajak, komunitas Audit dan komunitas Akuntansi Keuangan.
Dalam kegiatan Discussion Community 2016, ada salah satu kegiatan yaitupertemuan mandiri. Pertemuan ini merupakan salah satu elemen dasar dalam kegiatan Discussion Community 2016. Dalam pertemuan ini, panitia penyelenggara Discussion Community 2016 menyediakan beberapa kasus berdasarkan komunitas yang diambil.  Peserta dari setiap komunitas dibagi dalam beberapa kelompok, dimana masing-masing kelompok terdiri dari 7-8 peserta. Kemudian, masing-masing kelompok dari setiap komunitas dibagikan kasus untuk dibahas bersama dalam waktu 20 menit. Seperti halnya forum diskusi, pertemuan mandiri juga menyediakan sesi presentasi. Pada sesi presentasi, seluruh peserta komunitas berkesempatan untuk menambahkan maupun menyanggah pernyataan dari kelompok yang melakukan presentasi sehingga forum diskusi semakin ramai dan menarik. Pertemuan ini di akhiri dengan memberikan kesimpulan dari diskusi yang telah dilakukan.
Pertemuan Mandiri pada DISCO 2016 terdiri dari 2 sesi pertemuan.  Pada sesi pertama membahas tentang isu-isu kontemporer yang beredar terkait dengan masing-masing komunitas. Dan pada sesi kedua Pertemuan Mandiri di laksanakan setelah pertemuan Tentor, sehingga peserta dapat membahas tentang apa yang telah di sampaikan oleh Tentor di setiap Komunitas.
Discussion Community (DISCO) 2016 adalah sebuah forum diskusi mahasiswa jurusan Akuntansi F-ITB UTY yang termasuk dalam rangkaian program kerja Himpunan Mahasiswa Akuntansi periode2016-2017. Discussion Community ini terdiri dari 3 komunitas yaitu Komunitas Keuangan dengan – peserta yang di khususkan untuk mahasiswa semester 1, Komunitas Pajak dengan – peserta yang di khususkan untuk mahasiswa semester 3, dan Komunitas Audit dengan – peserta yang di khususkan untuk mahasiswa semester 5. Setiap komunitas terdiri dari 45 peserta keuangan,29 peserta audit,dan 30 peserta pajak .Kegiatan ini terdiri dari pertemuan mandiri yang didampingi oleh penanggung jawab komunitas, pertemuan tentor dengan menghadirkan pembicara yang berpengalaman dibidangnya serta kunjungan kependidikan ke instansi yang sesuai dengan komunitas diskusi.
Dalam pertemuan kali ini banyak mahasiswa yang sangat antusias untuk mengikuti DISCO 2016. Dengan antusias mahasiswa yang begitu tinggi dalam menghadiri acara Technical Meeting dan Pembukaan menunjukkan bahwa rasa ingin tahu agar pengetahuan dapat terasah serta menjadikan mahasiswa yang kritis, interaktif dan berwawasan luas.

FORZA HIMASI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTUMBUHAN PAJAK SANGAT BAIK TAHUN 2023

          Pajak merupakan kontribusi wajib pajak negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang...