Senin, 15 Agustus 2022

INSPIRING TALK WITH ALUMNI: LIFE AFTER GRADUATION AND ACCOUNTING CAREER

Inspiring Talk with Alumni: Life After Graduation and Accounting Career merupakan Program kerja Bidang Jaringan Komunikasi (JARKOM) HIMASI F.BISHUM UTY. Tema kegiatan ini yaitu Spread Happiness to Make a Memorable Day at the 21st HIMASI F.BISHUM UTY. Tujuan dari Inspiring Talk with Alumni: Life After Graduation and Accounting Career yaitu menumbuhkan kreativitas serta minat bakat mahasiswa/i Prodi Akuntansi UTY, mengembangkan kemampuan mahasiswa/i dalam mengemukakan pendapatnya sebagai mahasiswa/i Prodi Akuntansi, meningkatkan rasa kekeluargaan, solidaritas, dan loyalitas antar anggota HIMASI F.BISHUM UTY, dan memberikan gambaran tentang peluang kerja untuk lulusan Prodi Akuntansi. Sedangkan manfaat kegiatan ini yaitu meningkatnya rasa kekeluargaan, solidaritas, dan loyalitas bagi anggota HIMASI F.BISHUM UTY, mempererat kekeluargaan, solidaritas bagi anggota HIMASI F.BISHUM UTY, seluruh Dosen Prodi Akuntansi UTY, dan Alumni Akuntansi UTY, dan mahasiswa/i Prodi Akuntansi UTY dapat berbagi wawasan dan saling bertukar pikiran dengan Alumni HIMASI F.BISHUM UTY.

Kegiatan Inspiring Talk with Alumni: Life After Graduation and Accounting Career telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Juli 2022 secara daring melalui Zoom Meeting. Bentuk kegiatan ini yaitu talkshow interaktif bersama alumni-alumni berprestasi Prodi Akuntansi UTY. Dalam talkshow tersebut membahas mengenai perjalanan karier sejak menjadi mahasiswa/i Prodi Akuntansi hingga setelah lulus kuliah dan juga membahas mengenai potensi karier bagi mahasiswa/i Prodi Akuntansi UTY di masa depan. Kegiatan ini mengundang dua narasumber, narasumber pertama adalah Ibu Erna Fitri Komariyah S.AK., M.Sc. Angkatan tahun 2016 yang berprofesi sebagai Dosen Tetap Universitas Teknologi Yogyakarta dengan mengusung topik Mengembangkan Potensi Diri untuk Mempersiapkan Karies di Bidang Akuntansi”. Serta narasumber kedua adalah Bapak Sandra Pracipta SE., Ak., CA., CPA., AseanCPA Angkatan tahun 2013 yang berprofesi sebagai Dosen Tidak Tetap UMY, Ketua IAPI, Ketua Pengembang Wilayah II Jabar, Jateng, dan DIY, Anggota Dewan Anggota Sertifikasi, Anggota ASEAN CPA. Dengan mengusung topik “Prospek dan Persiapan Karier Auditor”. Kegiatan dilanjutkan dengan talkshow interaktif, pertama adalah talkshow interaktif oleh Ibu Erna Fitri Komariyah, S.Ak., M.Sc dengan topik “Mengembangkan Potensi Diri untuk Mempersiapkan Karier Bidang Akuntansi”. Beliau menyampaikan sedikit pengalaman selama menjadi mahasiswa Prodi Akuntansi di UTY dan perjalanan kariernya. Kemudian beliau juga menjawab beberapa pertanyaan dari para peserta yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber melalui fitur raise hand atau melalui chat Zoom. Salah satu pertanyaan yang di ajukan peserta kepada narasumber yaitu “Saya masuk jurusan akuntansi karena pilihan orang tua dari awal. Kalau berdasarkan kemampuan, saya sampai saat ini mampu mengikuti mata kuliah akuntansi. Tapi minat saya di akuntansi banyak kurangnya. Menurut Ibu Erna apa saja yang harus saya gali agar besok waktu lulus dari perguruan tinggi saya bisa menyesuaikan dengan kemampuan serta minat saya?”. Narasumer menjawab bahwa “Sebenarnya dulu saya mengikuti ujian CA karena saya mampu secara materi. Menjadi seorang akuntan publik atau sebutan untuk orang yang telah lulus sertifikasi khusus diatur oleh undang-undang dengan syarat pegalaman 5 tahun di audit. Setelah lulus, pertama setifikasinya dibagi menjadi tiga yaitu junior, profesional, dan expert. Hanya IAPI yang boleh menyelenggarakan sertifikasi. Setelah lulus, menurut undang-undang No. 55 tentang akuntan publik, kita bisa bergabung atau mendirikan kantor akuntan publik sendiri. Kita masih muda dan memutuskan untuk bergabung di tahun pertama. Di tahun kelima kak Sandra baru mau mendirikan kantor. Kita harus prepare kalau mau bergabung, mengeluarkan opini harus akuntan publik, selebihnya mencari client, bagaimana tetap bisa berintegritas.” Lalu, dilanjut dengan talkshow interaktif oleh Bapak Sandra Pracipta, S.E., Ak., CA., CPA., AseanCPA dengan topik “Prospek dan Persiapan Karier Auditor”. Beliau menyampaikan pengalaman tentang sedikit riwayat hidup selama berkuliah di UTY dan sebelum berkuliah di UTY. Kemudian beliau juga menjawab beberapa pertanyaan dari para peserta yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber  melalui fitur raise hand atau melalui chat Zoom. Salah satu pertanyaan yang di ajukan peserta kepada narasumber 2 yaitu “Saya tertarik dengan profesi auditor, dan berencana akan melakukan sertifikasi CA, kebetulan Kak Sandra dari IAPI. Jadi, saya penasaran tentang apa saja kriteria dalam ujian CA?”. Kemudian beliau juga menjawab beberapa pertanyaan dari para peserta yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber 1 melalui fitur raise hand atau melalui chat Zoom. Ketika sudah dipersilahkan oleh pembawa acara, peserta diperbolehkan menyalakan mikrofon yang tersedia di room Zoom. Salah satu pertanyaan yang di ajukan peserta kepada narasumber yaitu “Saya masuk jurusan akuntansi karena pilihan orang tua dari awal. Kalau berdasarkan kemampuan, saya sampai saat ini mampu mengikuti mata kuliah akuntansi. Tapi minat saya di akuntansi banyak kurangnya. Menurut Ibu Erna apa saja yang harus saya gali agar besok waktu lulus dari perguruan tinggi saya bisa menyesuaikan dengan kemampuan serta minat saya?”. Narasumber 1 menjawab bahwa “Berbakti kepada orang tua itu tidak ada salahnya pada faktanya, tetapi cari kesukaan kita itu apa dan dimana. Kita tetap bisa sukses berkarier dengan passion yang kita miliki dengan cara belajar. Misalnya Anda suka di bidang teknologi, maka sambungkan kesukaan anda dengan jurusan akuntansi. Bisa jadi yang pelu kamu lakukan adalah melakukan apa yang kamu sukai. Misalnya memiliki public speaking yang baik bisa bekerja menjadi Customer Service di bank. Tugas kamu adalah apa yang kamu sukai, apa yang bisa ditekuni dan dapat mendukung setiap pekerjaan, kamu lakukanlah.”

Lalu pada akhir kegiatan diadakan puncak acara yaitu tiup lilin dan pemotongan tumpeng secara simbolis oleh Ketua Umum HIMASI F. BISHUM UTY Periode 2021/2022 sebagai wujud syukur atas berdirinya organisasi HIMASI F.BISHUM UTY. Lalu, kegiatan diakhiri dengan pembacaan do’a dan sesi foto bersama. Setelah sesi foto bersama selesai, acara ditutup oleh MC.



1 komentar:

  1. Saya tidak percaya ada pemberi pinjaman online asli yang begitu baik dan jujur ​​seperti Tuan Pedro yang memberi saya pinjaman sebesar 2 juta Euro untuk melaksanakan proyek saya yang sudah lama datang dan menunggu untuk dilaksanakan tetapi dengan bantuan Petugas Tuan Pedro dan semuanya mudah bagi saya.
    Saya akan meminta Anda untuk menghubungi Petugas Pinjaman Pedro di pedrloanss@gmail.com atau WhatsApp +393510140339

    BalasHapus

PERTUMBUHAN PAJAK SANGAT BAIK TAHUN 2023

          Pajak merupakan kontribusi wajib pajak negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang...